Kiat Sukses Memilih Bisnis Pemasaran Jaringan


Sulit memilih perusahan MLM yang baik sehingga Anda yakin untuk secara all out terjun di dalamnya? Wajar, karena di Indonesia saat ini sudah berkembang pesat perusahaan pemasaran jaringan (MLM) baik pemain lama, maupun banyak pemain baru. Namun, jangan sampai terkecoh. Sebelum memasuki jaringan bisnis pemasaran jaringan ini, ada baiknya Anda mempelajari terlebih dahulu kunci-kunci rahasia membedakan perusahaan MLM yang baik atau sebaliknya. Dengan mengetahui kualitas perbedaannya, maka Anda terhindar dari ‘membeli kucing dalam karung’ oleh karena sekedar bujuk rayu kenalan atau saudara yang mengajak Anda bergabung ke dalam bisnis MLM ini.

Salah satu buku yang mengupas ‘rahasia dapur’ bisnis MLM adalah Buku “Business School-Delapan Nilai Tersembunyi dari Bisnis Pemasaran Jaringan”, karya Robert T. Kiyosaki dan Sharon L. Lechter, C.P.A, penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Di dalam buku ini dibahas indikator-indikator bisnis MLM yang baik. Salah satu indikatornya adalah seperti yang termuat dalam hal 10-11. Paparannya adalah sbb:

Alasan utama saya merekomendasikan sebuah bisnis pemasaran jaringan adalah karena sistem pendidikannya. Tugas Anda adalah menginvestasikan waktu guna melihat melampaui kempensasi dan produk, serta sunguh-sungguh melihat ke dalam bagian terpenting perusahaan, untuk mengetahui apakah perusahaan itu benar-benar berminat untuk melatih dan mendidik Anda.

Diperlukan lebih banyak waktu dari sekedar mendengarkan presentasi penjualan dan melihat-lihat katalog produk yang berwarna-warni. Guna mempelajari seberapa bagusnya pendidikan mereka yang sebenarnya. Anda perlu beranjak dari tempat Anda dan menginvestasikan waktu untuk menghadiri acara pelatihan dan pendidikan mereka.

Atau Anda suka dengan apa yang Anda dengar sejak permulaan presentasi, sediakanlah waktu untuk benar-benar bertemu dengan orang yang memberikan pendidikan dan pelatihan. Itulah yang saya lakukan dan saya rasa mengesankan saya.

Lihatlah dengan cermat, karena sebagian besar perusahaan pemasaran jaringan mengatakan bahwa mereka memiliki rancangan pendidikan yang hebat. Namun saya menemukan banyak yang tidak mempunyai sistem pendidikan dan pelatihan yang hebat yang mereka katakan.

Pada sebagian besar perusahaan yang saya selidiki, satu-satunya pelatihan yang mereka miliki hanyalah daftar buku yang direkomendasikan, kemudian mereka lebih banyak melatih Anda untuk merekrut teman-teman baru, dan keluarga Anda ke dalam bisnis. Dengan kata lain, mereka hanya mendidik anda untuk menjadi wiraniaga yang lebih baik bagi produk atau sistem mereka.

Jadi sediakanlah waktu dan lihatlah dengan seksama, karena ada banyak perusahaan pemasaran jaringan yan mempunyai rancangan pendidikan dan pelatihan yang sangat bagus…

Selamat mempelajari.

Sumber tulisan: Buku Business School, penulis Robert T. Kiyosaki dan Sharon L. Lechter, C.P.A, penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta 2005

5 Comments

  1. Ping-balik: Together We Fly :: Kiat Sukses Memilih Bisnis MLM :: July :: 2007

  2. Woah woah….!! MLM nich ye! Ya MLM memang paling joss untuk dibudidayakan. Sepanjang nggak nipu. Aku sendiri main di MLM berbasis agroindustri. btw, tuker link bole? Link nya dah tak pasang di innerpower.wordpress.com

  3. mas krisna sendiri merekomendasikan perusahaan MLM mana di indonesia yang paling baik berdasar kriteria di atas? yang saya lihat kok sepertinya semua sama saja? apa ada satu – dua perusahaan bonafid yang terlewatkan oleh saya? trims!

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s