Tips Titis Membaca Peluang, Gerbang Rahasia Sukses Diri & Bisnis Anda


Sebagai Trainer/Coach/Pembicara Publik salah satu kompetensi vital agar eksistensi diri & bisnis tetap menawan adalah kemampuan membaca peluang. Hukum ini berlaku tidak hanya bagi Trainer, namun juga berlaku bagi profesi lain, maupun para pelaku bisnis. Tanpa kemampuan membaca peluang, pasti lambat laun customer atau klien akan meninggalkan kita dengan suka rela. Tanpa kemampuan membaca peluang, kompetitor pasti telah beberapa langkah maju di depan meninggalkan kita. Paling gak enak khan kalau kita ditinggal atau ketinggalan?

Kunci terampil membaca peluang menurut saya sangat sederhana, ini berita baiknya bagi Anda yang belum berkesempatan mengenyam MM, MBA atau study di luar negeri. Semesta senantiasa adil memberi jalan bagi insan manusia yang memiliki keinginan kuat untuk berusaha.

Bagaimana caranya Mas Krisnawan?

Cukup sederhana yaitu gunakan seluruh indera yang ada dalam diri. Sembari pikiran relaks, cobalah fokus dan peka terhadap satu obyek yang unik, khas, beda, yang DITANGKAP indera kita. Super fokus dan super peka untuk setiap yang Anda lihat, dengar, cium, rasakan, inilah rahasia pintu gerbang Anda pandai membaca peluang.

Latihan sederhana yang bisa Anda lakukan adalah coba lihat secara deep, focus dan peka terhadap satu obyek ada di sekeliling Anda. Saat Anda bertemu pohon, amati secara mendalam satu pohon itu. Perlahan dari akar, naik menuju batang, lihat tekstur kulitnya, perhatikan persimpangan cabangnya, cermati indahnya warna daunnya, saksikan lambaian daunnya, dengarkan suara antar daun saat diterpa angin bergelombang. Dengarkan suara bathin Anda sendiri.

Implementasinya latihan di atas…

Pernah ke mall khan? Bukan pernah lagi Mas Krisnawan, itu mah menjadi hoby saya dua minggu sekali, he he he. Coba rasakan dan perhatikan, saat Anda berjalan melewati counter Donuts, Creeps, Cake, Food Court, tiba-tiba indera penciuman kita langsung ngeklik pada bau yang terasa lezat. Peluang langsung bisa kita munculkan menjadi ide bisnis di pikiran kita. Ruangan training saya biar trainee bisa merasakan sensasi bau bak counter roti/cake, gimana ya caranya?

Kalau kita pergi ke mall Pondok Indah II atau Plaza Senayan Jakarta, kita bisa melihat tempat shopping yang elegant, berkelas, rapi, desain venue dan counternya warna-warni eye chatching. Indera mata kita menangkap suatu yang beda, unik, sentuhan khas. Hal ini juga dapat melahirkan peluang ide bagaimana agar event training Anda bisa dilihat dan dirasakan customer/trainee penuh sentuhan berkelas, memanjakan mata, dinamis, punya desain training dan venue yang khas.

Contoh praktis lain adalah sebagai berikut:

Ketika ramai dan marak terjadinya penculikan anak, siapa yang paling terusik terhadap masalah ini? Kalau Anda menjawab sebagian besar adalah orang tua, bukankah ini potensial market peluang training/seminar Anda? Pertanyaan penajaman selanjutnya seberapa banyak di market yang sudah mengcreate seminar/training/workshop dengan topik ”Kiat Melindungi Anak dari Tindakan Penculikan”. Sayangnya, dunia training kalah cepat di banding dunia media massa yang sudah membuat liputan khusus dalam konteks ini.

Saat sebagian besar stasiun TV tanah air berlomba menyajikan acara berita yang berkelas high, mengangkat masalah politik, gaya hidup metropolis, pangung musik spektakuler, coba perhatikan gaya liputan TRANS TV. Ia mampu membaca peluang menjadi trend setter untuk liputan wisata kuliner ’Mak Nyuus’ nya Bondan, reportase investigatif Bakso berformalin, kerang hijau berzat warna hijau, reportase sisi lain, acara extravaganza (acara humor bukan dibawakan pelawak)

Saat kita berjalan ke tempat-tempat baru, selalu saja ada cara, ada peluang, ada kesempatan untuk kita mengcreate ide untuk training2 kita. Sahabat saya, Bro Harry ’Uncommon’ Purnama, menemukan EUREKA dalam hidupnya, saat membaca papan ajakan untuk mencuci tangan agar tangan selalu sehat dan bersih. Peristiwa Eureka ini ditemukan oleh Bro Harry ’Uncommon’, di salah satu sudut ruangan di toilet sebuah perusahaan. Tempat yang oleh kebanyakan orang dianggap sebagai proses ’numpang mampir’ semata. Dan yang tak pernah kita bayangkan, proses deep dan focus mengamati, mencermati pada akhirnya melahirkan BRAND Training Harry ‘Uncommon’ Purnama: ”WASH YOUR HAND” 5 Teknik TERMUDAH untuk Mengubah Diri Sendiri. ”WASH YOUR HAND” Sebuah brand unik, membumi, mudah diingat dan dimengerti, diciptakan saat pikiran sedang relak, deep, focus oleh Bro Harry Uncommon di sebuah toilet, bukan di kelas bersertifikasi, bukan di sekolah bertitle master, bertarif puluhan juta rupiah. Luar biasa!

Saat banyak orang bingung mencari peluang bisnis, stress mencari tambahan uang, ikut berbagai program yang memberi resep kaya, cobalah praktekkan cara sederhana di atas.

Bagi saya uang adalah ide. Hanya ide yang laik jual yang akan jadi uang. Ide yang laik jual pasti dihasilkan dari kepekaan membaca peluang.

Pandai-pandailah membaca peluang, jika Anda tak ingin terbuang.

Salam Progresif!

Krisnawan Putra


12 gagasan untuk “Tips Titis Membaca Peluang, Gerbang Rahasia Sukses Diri & Bisnis Anda

  1. wach, betul mas kris. peluang slalu ada dimana-mana, tiap waktu selalu ada. tinggal kita menangkap peluang tsb sesuai yg diinginkan. salah satunya yach dg merasakan/menangkap lwt kepekaan kita terhadap suatu peluang. jaring2 peluang slalu ada tp jangan sampai kita terperangkap olehnya yg karena kita kurang matang dalam memproses pengambilan peluang. mungkin kalo boleh bisa menambahkan ada 4 hal yang bisa menjemput peluang yakni : otak/pikiran, hati nurani/Emosi dan perbuatan/tingkah laku serta doa. dimana otak/pikiran digunakan sebagai bagaimana kita bisa mengolah utk informasi dsekitar agar bisa jd peluang, dg kerja keras memeras pikiran kita untuk mencapai peluang maka dapatlah dia. Yang kedua yakni dg Hati Nurani/Emosi dimana dg hati yang bersih, semangat tinggi untuk memotivasi agar slalu mengejar dan mencari peluang dimaksud. Yang ketiga dengan usaha untuk berbuat/tingkah laku positif maka hadirlah dg sendirinya pada diri kita, tapi kalo kita diam aja untuk berharap hadir saya kira itu impossible. Yang ke empat dg berdoa, itulah kuncinya karena dg berdoa kita bisa dibukakan/dilapangkan jalan kita untuk menggapai apa yg diinginkan skalipun itu sbutir biji sawi. mungkin ini aja comment dari saya theBlackNice kurang lebihnya saya mohon maaf. Salam Kenal, Salam Bravo…..!!!

  2. tips membaca peluang sangat bagus tetapi bagaimana kita tahu bahwa kita akan siap menghadapi dunia kerja (saya pemula)? kekuatan apa yang saya butuhkan untuk bekerja baik sendiri, di perusahaan dan dg teman?

  3. #TheBlacknice
    Setuju banget dengan masukan 4 hal tambahannya. Salam kenal juga ya :)

    #Dewo
    Maknyos alias kepanasan, he he he

    #Pr4s
    Salam kenal juga

    #Dharmawan
    Kemauan untuk maju, suka belajar hal-hal baru, ketekunan, kesediaan bekerjasama, dan mind set positif adalah modal utama bekerja (attitude). Bahkan kepandaian, kepintaran dan keterampilan tak mampu mengalahkan attitude yang baik.

    Tetap semangat dan maju terus Dharmawan. Saya doakan Anda sukses di dunia kerja.

    Salam kenal

  4. Apa yang ditulis Pak Krisnawan memang benar.
    Itu juga salah satu untuk melatih memperkuat INTUISI kita.
    Saya pun dalam berbisnis lebih cenderung menggunakan INTUISI, dan selalu lebih tepat jika saya pakai INTUISI saya dalam menyikapi berbagai hal di dunia bisnis.

    Terima kasih Pak Krisnawan.
    Salam Progresif!
    Wuryanano
    http://wuryanano.com/

  5. Memang apa yg di tulis mas krisnawan itu benar, tpi bagaimana peluang itu benar2 bsa di gunakan yg bsa bermanfaat / bsa menguntungkan utk memperoleh hasilnya sedangkan modalnya itu gak cukup. tolong di jawab siapa saja ats pertanyaanku tdi & salam kenal

  6. Thanks mas atas inspirasinya, sebenernya saya lagi bingung ingin mendapatkan peluang bisnis seperti apa yang cocok buat bwt saya sendiri, pernah sih saya coba bisnis beras kecil-kecilan ya mungkin kendalanya kekurangan modal jadinya ya hasilnya tidak maksimal. saya juga udah bosen jadi karyawan karena saya merasa potensi yang ada didiri saya kurang maksimal jk saya trs2 jadi pegawai gajian trus…
    SALAM
    =”http://koclok.blogdetik.com/2011/10/11/pulauweb-web-hosting-murah-indonesia/”>Pulauweb Web Hosting Murah Indonesia

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s