Mana Leader Favorit Anda?


Mana yang lebih Anda pilih: punya bos yang pinter dan perfect hasil kerjanya, atau yang enak dan terbuka kalau diajak ngobrol?

Atau ekstremnya, dia hangat sekali sama anak buah, care banget pada kesulitan anggota tim, hanya cacatnya satu: orangnya gak tegaan. Kata orang kebanyakan, payah pokoknya deh keputusannya ndak bisa tegas! Cenderung ngebiarin kesalahan orang.

Di ujung lorong yang lain, ada leader yang disiplinnya luar biasa. Gak pernah sekalipun dateng telat ke kantor, orangnya detail banget dalam bekerja dan base on data nya kuat banget, semua kerjaan on schedule. Meleng dikit aja dalam kerja, pasti deh ketahuan. Pokoknya cara kerja dan hasil kerjanya top markotop deh! Tapi jangan ditanya kalau ente buat salah dan ketahuan. Bisa-bisa SP 3 langsung turun meski kesalahannya cuma tidur saat kerja. Ibaratnya sampai kitanya nangis bombay neh, seember penuh airmata, tak akan mengubah sedikitpun keputusan yang udah dibuatnya. Dingin banget Jack perasaanya…kayak es.

“Di sekitar kita ada 2 type leader. Task Oriented dan People oriented. Yang orientasinya thu bener-bener ke pekerjaan semata namun perasaannya bak es batu itu adalah leader yang Task Oriented. Sebaliknya leader yang orientasinya lebih membangun hubungan sama orang, hangat, sabar, namun sulit mengambil keputusan tegas karena takut menyinggung orang, itu yang dinamakan People Oriented”.

Mana yang lebih baik? Dua-duanya diperlukan. Semakin matang seorang sebagai leader, maka 2 kecenderungan memimpin ini semakin menyatu, saling mengisi dan memperlengkapi.

Sebaliknya, gimana nih kalau sikap kita sebagai anggota tim bila punya leader yang sudah ‘terberi’ kuat di salah satu style nya saja? Ndak usah bingung, gunakan pendekatan yang sesuai dengan stlye leader Anda saja. Leader Anda Task Oriented, dekati dengan cara Task yang kuat spt disiplin, data lengkap, detail penjelasannya, kerja keras, kembangkan argumen. Sedang bila leader Anda people oriented, dekati dengan cara suka ngobrol sama dia, kembangkan humor, perhatikan dan komentari pakaian yang dikenakan, perbanyak cerita tentang topik/hobi yang disenangi dia, serta ajak gathering atau makan bareng🙂 tapi jangan terlalu deket dan keseringan, nanti justru jadi skandal, nah malah runyam khan? ha ha ha.

3 pemikiran pada “Mana Leader Favorit Anda?

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s