Kenapa Karir Trainer Tak Semelesat Group Band?


Bila coba kita list nama-nama group band baru tersohor di tanah air yang bermunculan dalam tahun-tahun terakhir ini, cukup mudah dan cepat kita inventarisasi. Dari Peterpan, Ada Band, Ungu, Radja, Ratu, Samson, Kerispatih, Nidji, Letto, Kangen Band, The Titans sampai yang terakhir Matta.

Pertanyaannya, kenapa group-group band (artis) cepat mengorbit, cepat dikenal, mampu diterima pasar? Saya menganalisis ada beberapa hal yang menyebabkannya:

  1. Ada satu atau beberapa lagu yang berhasil hits, diterima di hati pendengar dan digemari market. Satu judul lagu terkenal saja (produk), sudah cukup untuk otomatis mendongkrak popularitas nama bandnya.
  2. Industri musik tanah air sudah berkembang sedemikian rupa, sehingga turut serta memudahkan group band tersebut masuk pasar. Katakanlah sudah ada pencipta lagu, industri rekaman, perusahaan label recording, media massa, event organizer, artis management, industri perfilman nasional (back sound film-sinetron) bahkan perusahaan sponsor.
  3. Industri panggung hiburan atau entertainment berkembang seiring dengan kebutuhan riil masyarakat yang haus dengan kebutuhan dunia hiburan.

Buah pengamatan singkat saya di atas, coba saya kaitkan dengan peredaran para Trainer di dunia training tanah air. Apakah korelasinya dan apa saja yang membedakan dengan kecepatan beredar band-band baru di tanah air. Situasinya sangat jauh berbeda, meski pendekatan asumsi pembandingnya kita coba samakan.

  1. Para Trainer terkadang masih terjebak pada ‘irama modul lama’ dalam menemukan formula modul baru (bandingkan dengan proses penemuan satu lagu baru). Untuk mencipta satu lagu baru, tidak dibutuhkan formula atau pakem khusus yang direnda komposer sebelumnya.
  2. Pencipta lagu baru, tidak harus penyanyinya. Di market tersedia banyak pencipta lagu. Bagaimana dengan pencipta modul baru? jarang ada di market, bahkan mungkin tidak tersedia. Pencipta modul ya Trainer itu sendiri.
  3. Masih sangat jarang Trainer Management di market training Indonesia. Bandingkan dengan artis management di tanah air. Maju, berkembang, ngetopnya seorang artis atau group band, sangat tergantung dari artis managementnya.

Ini baru perbandingan singkat atau sekilas antara proses tumbuh dan berkembangnya artis/Group Band dengan Trainer. Namun dari kajian sekilas ini, muncul ide pada diri saya untuk mengambil peran dan inisiatif dalam mengisi salah satu fungsi di atas yaitu sebagai Trainer Management.

Peran saya sebagai Trainer Management ini akan saya abdikan dalam lembaga yang saya bentuk yaitu KRISNANDIRA Trainer & Training Event Management (silahkan klik).

Jadi bagi Anda yang ingin berprofesi di dunia training sebagai Trainer, saya ingin mendampingi dan bekerjasama dengan Anda untuk membantu Anda sukses masuk ke market, beredar dan mengorbitkan diri. Saya percaya Anda pun dapat beredar bak komet di angkasa, lebih cepat-lebih terang.

Mari kita saling bergandeng tangan. Silahkan hubungi saya, Krisnawan Putra, di 021.5540457 atau 0815.162.8778 dan krisnawan@krisnandira.com

Salam Progresif!

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s