Apa yang Engkau Tabur, akan Engkau Tuai


Blog yang sedang Anda baca ini, saya bangun sejak bulan April 2007. Artinya usia blog ini sampai Oktober ini adalah 7 bulan. Niat awal saya menulis blog adalah berbagi pengetahuan dan pengalaman yang saya miliki khususnya bidang training, coaching, motivasi. Kemampuan yang Tuhan berikan kepada saya untuk apa disimpan sendiri? pikir saya waktu itu. Bukankah hal ini bisa menjadi berkat untuk orang lain?

Luarbiasa Tuhan! Oleh kemurahanNya semata, blog ini per Oktober 2007 telah membubuhkan > 41.000 kunjungan, dengan rata-rata kunjungan sehari adalah 400-500 hits, dan ini dicapai tanpa ada rekayasa teknik SEO. Bagi saya, biarlah segala sesuatu tumbuh secara alami, natural, bukan karena dikarbit atau trik.

Dari data yang saya pegang, tulisan-tulisan tentang training paling sering di klik visitors, yaitu lebih kurang 75% dari total tulisan yang dibaca. Hal ini sangat menggembirakan karena minat masyarakat untuk memahami dunia training mulai terlihat, mulai terasa. Lalu apa kaitan blog ini dengan bisnis saya?

Dua bulan terakhir, entah karena apa, entah oleh sebab apa, customer mulai banyak yang menghubungi saya. Ada yang melalui email, ada yang melalui telepon. Dari sekadar ingin konsultasi, hingga menawarkan kerjasama training atau coaching. Dan puncaknya pasca lebaran. Sejumlah pengelola training perusahaan, HRD, event organizer, panitia raker/employee gathering, menawarkan kerjasama training kepada saya melalui media blog ini.

Minggu ini adalah puncak crowded saya. Hari Senin dan Selasa besok (29 dan 30 Okt) saya harus mengirimkan 3 proposal kerjasama untuk modul berbeda kepada 3 perusahaan yang berbeda pula. Inikah buah-buah siap panen dari bibit yang pernah saya tabur? Saya percaya akan hal ini. Meskipun sedari awal, tak pernah terlintas sedikitpun menulis blog berbuah manis menghasilkan prospek bisnis. Dulu saya berpikir menulis ya menulis. Membagi ya membagi. Berbagi ya berbagi. Titik.

Berkaitan dengan hal ini, perkenankan saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda semua para customer, atas kepercayaan yang telah Anda berikan kepada saya. Apa yang selama ini saya kontribusikan dalam proses kerjasama kita, baik itu dalam melakukan TNA, membuat konsep desain training, merekomendasikan pilihan Trainer yang tepat, semoga memuaskan Anda semua. Tak lupa saya ucapkan terima kasih juga untuk kepada partner saya, para Trainer, dan lebih khusus lagi kepada Anda semua pembaca setia blog THE COACHING WAY.

Selamat datang era THE POWER of BLOG!

Tinggalkan Balasan

