Dimana Karir Pinkan Mambo dan Mulan Kwok Selepas dari RATU?


Sebegitu kuatkah peran RATU dalam melambungkan sekaligus menenggelamkan karir Pinkan dan Mulan?

Perjalanan karir seseorang tidak ada yang tahu. Saat dewi fortuna sedang dekat, secepat kilat bisa langsung bersinar. Siapa yang kenal Pinkan dan Mulan sebelum mereka bertemu dan kemudian berduet dengan Maia Ahmad dalam duo RATU? Saat berkolaborasi di RATU, karir mereka bertiga begitu luar biasa cemerlang. Namun selepas dari RATU, saat masing-masing berjuang sendiri, bukannya makin kinclong namun makin redup.

Tak ada hits lagu yang dihasilkan. Tak banyak jadwal tampil menunjukkan performanya di layar kaca, tak ada iklan yang memajang senyum wajah mereka. Yang sering muncul justru berita-berita di luar kompetensi dan karir mereka. Pinkan, Mulan, Maia diterpa gosip-gosip miring seputar kehidupan pribadinya.

Ada beberapa hal yang bisa kita tarik dari ‘kasus’ di atas menurut saya:

  1. RATU adalah sebuah konfigurasi sinergi. Saat individu dalam sinergi saling melepaskan diri, performa turun tajam.
  2. Saat duo RATU pertama (Maia-Pinkan) bubar, RATU tidak mati namun justru makin bersinar saat vokalis baru masuk yaitu Mulan. Duo RATU jilid 2 ini justru makin menunjukkan eksistensinya dengan gaya rambut, kostum, dan irama musik berkarakter khas yang berhasil ditunjukkan Maia-Mulan.
  3. Individu Pinkan, Mula, bahkan Maia sendiri ternyata tak sanggup mempertahankan keemasan RATU. Mereka secara sadar maupun tak sadar telah membunuh RATU, dan ironisnya membunuh karir dan popularitas positif mereka sendiri.

Mempertahankan dan memelihara hubungan ternyata lebih sulit ya daripada meraih kesuksesan. Kesuksesan secara empiris banyak terbukti adalah hasil dari proses kolaborasi sinergis. Andai masing-masing bisa lebih dewasa, lebih sabar, tak lekas puas dan jumawa dengan merasa jago saat berada di atas, tentu RATU makin berkuasa.

Sayang, kini sang RATU bersama Pinkan, Mulan, Maia sedang mati suri secara berbarengan kerena dibius oleh extasy yang bernama ego diri.

Sinergi melatih kita untuk rendah hati. Sinergi juga melatih diri untuk membangun, memelihara, berempati, toleransi. Bukankah ini nilai-nilai kehidupan yang sangat hakiki?

Satu pemikiran pada “Dimana Karir Pinkan Mambo dan Mulan Kwok Selepas dari RATU?

  1. Ping balik: Popularitas « kang tutur’s weblog

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s