Ahmad Dhani DEWA 19, Seorang Coach yang Mumpuni


Publik tanah air sering dibuat gemas dan geram oleh seorang Ahmad Dhani, khususnya bagi para pecinta musik negeri ini. Gemas karena hasil karya profesionalnya memang luar biasa dan selalu ditunggu pecinta musik. Geram oleh ulah kontroversial dari stetement maupun gaya pribadinya yang sering terkesan arogan.

Saya tidak ingin menyoroti kehidupan pribadi rumah tangganya. Namun saya ingin membahas sisi lebih seorang Ahmad Dhani sebagai musisi profesional. Membidani dan membangun sebuah Group band sekelas DEWA tentu adalah prestasi luar biasa Ahmad Dhani. Group Band yang berusia lebih dari satu dasa warsa, dengan komposisi person sering berganti, tak membuat DEWA sempat mati. Bahkan hingga kini cukup produktif menghasilkan karya-karya lagu yang selalu menjadi hits di blantika musik tanah air.

Kepiawaian Ahmad Dhani dalam memilih personil sebagai pemusik maupun penyayi tak diragukan lagi. Andra sang gitaris Dewa, membuktikan diri bersama Backbone lagu-lagunya hits sekarang ini. Demikian juga dalam memilih Ari Lasso, meski kini sudah tak bergabung dalam DEWA sebagai vokalist, ia berhasil dalam solo karirnya. Once pun vocalist DEWA yang sekarang album solonya berhasil diterima baik oleh masyarakat dalam lagu Dealova.

Belum lagi saat ia terlibat turut membesarkan RATU. Peran besarnya dalam keterlibatan memilih vocalist Pinkan Mambo dan Mulan Kwok untuk disandingkan dengan talenta music Maia istrinya. RATU adalah fenomenal di tangan Dani. Debutan terbaru Ahmad Dhani yaitu Trio DEWA-DEWI demikian pula mampu sukses masuk ke market musik tanah air dengan tembang-tembang pop manis yang terdengar ritmis, ringan, renyah.

Pendek kata, bila terkait musik, musisi dan vocalist, hasil ‘sentuhan tangan dingin’ Ahmad Dhani terbukti sukses. Mau yang duo, trio, maupun group hasilnya sami mawon alias sama saja, meledak! Dalam konteks people development, Ahmad Dhani adalah seorang coach yang mumpuni, profesional abis. Ia mampu menemukan potensi talent seseorang, mampu mendampingi dan mengarahkan hingga target kesuksesan dicapai dengan gemilang. Ia juga bisa dibilang sebagai sang Alchemist. Apa yang disentuhnya berhasil.

Kalau sudah memiliki kompetensi demikian, pertanyaan selanjutnya apa lagi yang engkau cari Ahmad Dhani?

Mungkin tinggal melatih diri untuk tidak mencampur adukkan pribadi dan profesi. Inilah rule paling basic seorang coach. Meski tak ada bukti spesifik kasus bubarnya RATU yang digawangi Maia-Mulan adalah karenanya, namun dari berita-berita yang berkembang di mass media, bubarnya RATU juga karena intervensi seorang Ahmad Dhani karen dipicu oleh masalah dalam keluarganya.

Jika Anda ingin angkat topi untuk karya-karya profesional Ahmad Dhani, maka ijinkan saya berbeda dari Anda. Saya ingin mengangkat dua jempol jari tangan saya untuk mengapresiasi karya-karyanya selama ini. Salut jack!

3 pemikiran pada “Ahmad Dhani DEWA 19, Seorang Coach yang Mumpuni

  1. Awalnya saya agak skeptis karena ada bbrp lagunya dalam album sebelum Republik Cinta yang ‘meminjam’ kata-kata Khalil Gibran. Namun memang harus diakui bahwa dia memang manusia, musisi, komposer, yang mempunyai talenta dan analisa di atas rata-rata orang lain. Wajarlah kalau seorang Ahmad Dhani mengidolakan Gus Dur sebagai penasehat spritualnya karena memang mungkin cuma Gus Dur yang bisa mengimbangi kemampuan berpikir Ahmad Dhani.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s