Safety Riding Training, Kolaborasi with 2 Trainer Japan


Dua minggu ini (14-26 Nov) saya terlibat dalam satu event nasional berupa Training Instruktur Safety Riding yang diikuti oleh 22 region Yamaha dan 33 Polda se Indonesia. Acara yang di selenggarakan di Pusdiklantas Mabes Polri Serpong ini adalah hasil kerjasama Dirlantas Mabes Polri dan Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI).

Menarik sekali training ini. Selain ini event pertama saya dimana sebagian besar traineenya adalah Perwira dan Bintara Polri, Trainer kali ini juga didatangkan langsung dari Jepang. Ini juga pengalaman pertama saya, berkolaborasi langsung dengan Trainer dari Jepang. Nama intruktur ini adalah Mr Amano dan Mr Maeda. Mereka berdua dari Yamaha Motor Corporation.

Ya ke 22 orang dari region Yamaha dan ke 66 orang polisi, dilatih untuk menjadi instruktur Safety Riding roda dua di daerah masing-masing. Sebuah program dan dedikasi luar biasa dari Yamaha untuk turut menggalakkan dan ikut menyebarluaskan gerakan safety riding di tanah air. Untuk diketahui tiap hari rata-rata 97 orang di Indonesia mati sia-sia di jalan raya. Dan ironisnya sebagian besar kematian karena kecelakaan ini disebabkan oleh pengendara motor roda dua. Sebuah situasi yang amat memprihatinkan.

Dalam kegiatan Training Safety Riding ini diajarkan 5 keterampilan inti sebagai instruktur Safety Riding kendaraan motor roda dua, terdiri dari:

 

  1. Melewati jembatan sempit/narrow bridge
  2. Teknik pengereman mendadak/sudden break
  3. Slalom
  4. Chidori Balance
  5. Trykhana

Kerjasama antara Mabes Polri dengan Yamaha ini direncanakan akan berlangsung dalam jangka panjang yaitu selama 5 tahun.

Salut untuk Yamaha dan Polri! semoga langkah kerjasama ini mampu menekan angka kecelakaan di jalan raya. Sesungguhnya, aman dan nyaman berkendara adalah menjadi dambaan kita semua.

Mari kita lebih peduli lagi dengan Safety Riding, terutama untuk karyawan kita yang sehari-hari mereka berangkat-pulang kerja, maupun seharian bekerja dengan menggunakan kendaraan bermotor roda dua. Bukankah mereka adalah asset utama perusahaan?

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s