Siapakah Sejatinya Motivator, Coach itu?


Semalam (3/1/08), sehabis pulang kondangan dari Halim menuju Tangerang, saya dan istri mencoba berbincang santai dengan pengemudi taksi yang saya taksir sudah berusia 45 tahun lebih.

Yang menarik adalah, gesture beliau sangat santun, ramah. Cara mengemudinya juga sangat memanjakan kami customernya. Hal lainnya, ia sangat tahu diri dengan taste kami dalam memilihkan music pengiring duduk istirahat kami. Lantunan musik Ahmad Dani, Once dan Nidji menemani perjalanan panjang Halim-Tangerang.

Di sekitar tol kebon jeruk, saat lalu lintas mulai lengang, saya mencoba bertanya kepada beliau apa resep tidak mudah diterpa stress saat menghadapi tidak ramahnya jalan-jalan di jakarta, macet, ugal-ugalan, serobot menyerobot bis dan angkot.

Jawabnya sederhana: Semua saya bawa enjoy pak. Saat macet, saya berpikiran ini situasi biasa, situasi yang harus diterima, tak perlu dilawan. Saat orang main serobot, saya memilih untuk mendahulukan mereka. Saat lampu perempatan belum hijau saya belum akan menginjak pedal gas, itu sekedar cara sederhana untuk saya melatih kesabaran diri.

Saat jalanan padat merayap dan sedang tak bawa penumpang, saya memilih meminggirkan mobil untuk berdoa, sholat di Masjid terdekat. Eh, ternyata abis dari Masjid saya malah lebih mudah dapat sewa (penumpang). Kerja ternyata perlu dibarengi doa ya pak, tak mengandalkan kekuatan diri semata.

“Hidup saya buat enjoy dan sabar pak. Kalau tidak maka saya akan cepat spanneng, strees, dan mudah sakit, cepat tua”. Ujar Pak Rohim, bapak 3 orang anak yang tinggal di Tambun Bekasi ini.

———–
Pak Rohim berbagi namun tak ngajari. Pak Rohim tak berteori namun mentransformasikan nilai-nilai hidup.
Pak Rohim tak ngambil contoh dari langit, namun contoh riil. Pak Rohim tak bicara bila tak ada tanya, sebuah sikap respect luarbiasa pada klien.

Siapakah Pak Rohim?

 

Nb: Artikel saya yang lain yang mengupas topik-topik Motivasi, Motivator, Coach, Coaching, Leadership dapat Anda peroleh di milis yang aktif saya ikuti, yaitu Milis Motivator Coach Indonesia (MOCI) silahkan klik. Tks

2 pemikiran pada “Siapakah Sejatinya Motivator, Coach itu?

  1. Siapakah Pak Rohim?

    Loh .. koq malah tanya pak?? bukankah pak Rohim itu supir taxi?? atau jangan2 ini cerita khayalan ya?? .. hmm, boleh tahu nomor lambung Taxi-nya pak? dan merk Taxi-nya. Jadi pengen naik taxinya pak Rohim.

  2. Dear Mas Erander,

    Coba simak tulisan-tulisan saya yang lain di blog ini, apakah ada yang merupakan jenis tulisan khayalan Mas Erander, he he he?

    Terima kasih banget sudah aktif kasih comment di blog saya ini Mas.

Tinggalkan Balasan

