Selamat Datang & Selamat Menang–>ERA SINERGI


pertamina.gif

Meski saya sedang bertugas di tempat lain, pada saat yang sama hari ini (7/1/2008), di Lido Sukabumi, saya juga memiliki tanggung jawab mengkoordinir sebuah paket training Three in One kerjasama dengan salah satu EO Jakarta untuk klien kami, PT Pertamina.

Kenapa paket? ya karena saya diberi tanggungjawab dan peran untuk menyediakan 3 orang Trainer sesuai topik. Yaitu 1. Training Motivasi, 2. Training How to Support Your Husband (untuk istri-istri pimpinan), 3. serta Training Team Building.

Syukurlah, hari Senin ini ketiga training tersebut telah berlangsung dengan sangat memuaskan, seperti yang diungkapkan oleh salah satu anggota tim EO pengguna jasa Trainer kami, yang dikirimkan via sms kepada saya, sbb:

“Mas Kris… hari ini Pak Harry dan Pak Louis bagus banget. Tadi bu Dewi juga, sampe ibu2nya (istri-istri pimpinan, red) tak mau bubar. Tx banget yah…”

Gambaran di atas inilah, kerja profesional yang sekarang saya geluti. Dibawah bendera KRISNANDIRA Trainer and Training Management (www.krisnandira.com), saya akan memilihkan trainer-trainer yang tepat, kemudian saya akan melakukan wawancara TNA dan terakhir merumuskan design dan konten training bersama-sama trainer partner agar sesuai dengan need dan segmen trainee klien.

Semua ini hanya bisa terwujud melalui kerjasama sinergis. Karena saya tak akan mengambil atau menangani sendiri project klien tersebut dalam men-delivery di kelas. Saya sangat bahagia sebagai teman, pendamping, dan sekaligus men-support trainer. Sedangkan peran saya akan lebih fokus memarketingkan trainer, melakukan TNA, mendesain training, menegosiasi investasi, dan berhubungan dengan klien di tahap awal dan pasca training. Nah, trainer partner lah yang akan lebih banyak berperan dalam delivery di kelas.

Saya tidak akan sembarangan memilih Trainer sebagai partner. Disamping saya akan memilih yang pasti kompeten, namun yang paling penting bagi saya adalah Trainer yang memiliki integritas, menjunjung etika kerjasama dan memiliki concern kuat dalam pengembangan SDM, tak sekedar money oriented.

Bukan rahasia lagi, praktek kurang terpuji berupa potong-memotong jalur ke klien untuk kepentingan pribadi sudah sering terjadi dalam kerjasama partnership training dewasa ini. Padahal dunia training ini sungguh sempit. Tindakan tak terpuji ini seperti ini, dengan mudah akan terendus juga karena mudahnya akses antar klien, antar vendor training, dan antar trainer.

Sekali lagi, inilah bukti indahnya sinergi. Saling mengisi, saling mengkontribusi kelebihan kompetensi diri dengan saling menjaga kepercayaan.

Meski sedang tugas di tempat lain, malam ini saya dapat tidur dengan lelap, tenang dan bahagia. Ya, karena klien hari ini sangat puas dengan kinerja para Trainer Partner kami. Meski koordinasi yang saya lakukan hanya melalui teknologi komunikasi, handphone.

——-

Hmmm, sambil menyelam minum air. Tapi gerakan SAMBIL menyelam dan minum air yang saya lakukan di atas, adalah legal dan etis khan, alias tidak melakukan side job? Iya, karena saya bekerja atas nama diri maupun institusi sendiri, meski kerja untuk banyak klien/perusahaan.

Tidakkah kita malu kepada para peserta training? Masak sudah berbusa-busa ngajar tentang kebaikan, perubahan, sukses, mind set, motivasi, sales or marketing, keberanian, keluar dari comfort zone…ehhh tak tahunya kita sendiri masih jadi seorang Trainer Side Jober? he he he. Sebuah praktek pembelajaran yang memprihatinkan, bukan?

Saya sendiri dari dulu menutup kerjasama sinergis dengan trainer-trainer yang melakukan praktek side job. Bagi saya, TRAINER SIDE JOBER bukanlah contoh yang baik dalam pembelajaran di ruang kelas training-training.

Bagaimana dengan Anda? masih mau mengundang Trainer Side Jober sekadar karena lebih murah? (sebab mereka sudah digaji bulanan dari kantor ‘asli’nya)

Sepenuhnya pilihan ada di tangan Anda…

Tinggalkan Balasan

