Engkau Itu Siapa?


Wanita dalam sakratul maut menghadapi ajalnya. Ia tiba-tiba merasa, bahwa ia dibawa ke surga dan berdiri di muka Takhta Pengadilan.

“Siapa engkau itu?” kata suara kepadanya. “Aku ini istri lurah,” jawabnya. “Aku tidak bertanya kepadamu, engkau istri siapa, tetapi engkau itu siapa?” “Aku ini ibu empat orang anak.” “Aku tidak bertanya, engkau ibunya siapa, tetapi siapa engkau itu?” “Aku ini guru di sekolah.” “Aku tidak menanyakan pekerjaanmu, tetapi siapa engkau itu.”

Dan demikianlah seterusnya. Tidak peduli apa yang menjadi jawabannya, rupanya itu bukan jawaban yang memuaskan terhadap pertanyaan: “Engkau itu siapa?”

“Aku ini seorang ……” “Aku tidak menanyakan agamamu, tetapi engkau itu siapa.” “Aku ini seseorang, yang tiap hari pergi ke …… dan selalu membantu orang miskin dan orang dalam kesulitan.” “Aku tidak menanyakan perbuatanmu, tetapi siapa engkau itu.”

Ia jelas gagal dalam ujian, oleh karena itu ia dikirim kembali ke dunia. Ketika sembuh dari sakitnya ia berniat menemukan siapa dia. Dan itulah yang membuat segalanya berbeda sama sekali.

Tugasmu itu berada.

Tidak menjadi seseorang atau bukan apa-apa

sebab disitu ada keserakahan dan ambisi

tidak menjadi ini dan itu dengan demikian menjadi bersyarat

tetapi hanya ada saja

 

 

Karya: Antony De Mello

———————————————————

*** ‘…….’ edited

4 pemikiran pada “Engkau Itu Siapa?

  1. Aku Adalah Yudhi, sebuah karya tangan Tuhan sendiri.

    aku bangga akan diriku, tanpa penyeselan sedikitpun.

    it’s me, just mešŸ˜‰

  2. salam kenal..
    hmm…saya yakin sebagian besar masyarakat di indonesia ini tidak mengenal dirinya sendiri..makanya mereka dengan mudah terombang-ambing dengan kerasnya kehidupan dunia… orang yang telah menemukan siapa dirinya, seberapa kuat dirinya dan apa tujuan dia hidup, saya yakin orang tersebut pasti akan menjadi orang yang sukses..

  3. MR. PERFORMANCE COACH YANG HEBAT, INOVATIF, SEDERHANA, TAJAM, TEPAT SASARAN, PASTI SUKSES BESAR MENEMUKAN DAN MENJALANI MISI SEJATINYA,
    MERAIH SUKSES SEJATI.
    OLEH KARENA ‘KAYA BUKAN TUJUAN AKHIR’, MAKA MISI KITA JUGA BUKAN MENJADI KAYA DAN BERHENTI DISITU.
    MAKA KALAU BERHENTI DISITU, KITA TIDAK BISA MENJAWAB PERTANYAAN ‘ENGKAU ITU SIAPA’?
    SAYA ADALAH HAMBAMU YANG INGIN MENYENANGKAN HATIMU, TUHAN.
    HARRY ‘UNCOMMON’ PURNAMA
    UNCOMMON LEADERSHIP CENTER

  4. MAS KRIS, MANTEP, SUDAH BERTENGGER DI HALAMAN ‘HOME’LAGI. YAH, AT LEAST 1 BULAN. TURUT MENDOAKAN SEMOGA SUKSES ‘SEJATI’..
    AKU INI SIAPA?
    SAYA HARRY ‘UNCOMMON’ PURNAMA YANG SEDANG BELAJAR JADI MULIA..
    MANY THANKS,
    salam mulia, salam mulai.
    harry ‘uncommon’ purnama
    uncommon leadership center

Tinggalkan Balasan

