Follow up TNA: Untuk penyakit yang berbeda, apa artinya JIKA OBATNYA SAMA?


Pernahkah Anda mengundang atau mengikuti kelas seorang trainer yang materinya relatif sama, meski masalah dan sasaran trainingnya jelas-jelas beda?

Hal ini bisa diibaratkan orang yang sakit panas diberi obat generik penurun panas. Pada tahap awal memang turun panasnya, namun karena akarnya penyebab panasnya tidak tersentuh, pada kurun yang tidak terlalu lama akan meningkat kembali suhu panas badan.

Ya karena sakit panas tersebut diasumsikan ‘sekedar’ demam karena influenza. Padahal faktor penyebab panas badan sangatlah beragam, dari karena radang usus, infeksi saluran pernafasan, gigi berlubang, kemasukan benda aneh di kuping, iritasi mata dan penyebab lainnya.

Nah, TNA memberi andil penting untuk menemukan akar penyebab “panas badan” itu muncul, dan menentukan pemberian obat dan dosis yang tepat untuk penyakit tersebut. Saat hasil TNA kabur atau katakanlah minim diagnosis, jangan harap Trainer akan mampu secara spesifik menjawab masalah yang dihadapi organisasi & karyawan di kelas. Alih-alih yang terjadi adalah obatnya sama… sayang khan investasi waktu, tenaga dan biaya yang telah perusahaan keluarkan?

Namun, tantangan lain juga akan muncul. Jika atau andaikan hasil TNA yang Anda lakukan pun sudah akurat, pemilihan siapa Trainer yang akan mendelivery di kelas juga penting. Tidak semua trainer/motivator/pembicara publik dengan mudah akan menyesuaikan dengan kebutuhan hasil TNA anda tersebut. Mereka biasanya sudah terbiasa dengan MAP dan PATTERN yang telah mereka miliki. Keluar dari MAP dan PATTERN tersebut adalah pekerjaan tidak mudah. Namun berita baiknya, banyak juga para Trainer yang karena kompetensi unggul mereka dengan mudah langsung switch menyesuaikan need yang ada.

Kemampuan membedakan Trainer mana yang mudah switch, dan mana yang masih ‘terjebak’ dalam pattern dan map Trainer itu sendiri… menjadi krusial dalam konteks ini.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s