Studi Kasus: Potret Kebutuhan Training PT Xandal


PT Xandal ingin ekspansi usaha. Mereka tahu persis, kompetitornya PT Zandal sedang melakukan manuver progresif di market. Namun demikian, management PT Xandal menyadari ada sejumlah ‘pekerjaan rumah’ yang mesti diselesaikan sebelum melangkah ke proyek ekspansi. Masalah-masalah internal tersebut adalah:

Akhir-akhir ini karyawan mudah jenuh dan stress dalam bekerja. Push target dari management ‘dirasakan’ terlalu tinggi, sementara market tidak mudah ditaklukkan karena daya beli konsumen makin lemah, ditambah strategi kompetitor sangat atraktif di market seperti pemberian kebijakan discount lebih menarik.

Karyawan senior sering negative thinking, selalu melihat rumput tetangga lebih hijau, sementara karyawan baru mudah terpengaruh oleh lingkungan negative yang tanpa disadari dikembangkan oleh para karyawan senior.

Masing-masing department sering mempertahankan diri jika terjadi masalah. Pihak produksi menyalahkan marketing-sales yang dikatakan gak mampu jualan. Pihak marketing menyalahkan bagian finance karena minimnya budget sekaligus mengklaim bahwa produk tidak mampu memenuhi kebutuhan seperti yang diinginkan konsumen. Sementara pihak supporting unit sudah merasa memberikan support terbaik untuk department lain agar sukses berperang di market.

Peran leader masih sering mengurusi masala-masalah teknis pekerjaan. Jika muncul persoalan anggota timnya yang bermasalah, mereka masih sering canggung memberikan pembinaan atau teguran. Yang sering terjadi pihak HRD lah yang diminta menyelesaikan. Fenomena ini makin menjadi paling tidak hingga 2 tahun terakhir.

Sering muncul komplain dari konsumen berkaitan dengan kualitas pelayanan. Barang sering dikirim terlambat sampai tujuan. Pengepakan sering rusak, sehingga muncul cacat di sana-sini. Bahkan pernah terjadi komplain mengenai layanan dari karyawan yang buruk, sampai ke surat pembaca di harian ternama tanah air.

Inilah informasi-informasi menonjol yang diberikan kepada Anda. Catatan penting dari management adalah budget training terbatas, sehingga mereka menginginkan training ini dapat diikuti secara massal (all jabatan, all function), dan semua masalah di atas mampu dicover dalam satu event training.

Jika asumsinya anda adalah sebagai Trainer, Pembicara, atau Konsultan PT Xandal, design training seperti apa yang akan Anda kembangkan untuk memberi solusi yang pas bagi PT Xandal?

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s