Tips Meyakinkan Pembeli, Bangun Reputasi Diri


Coba bayangkan saat ini Anda sedang dikejar-kejar duit-duit milik orang lain yang sedang beterbangan, mendekat dan semakin mendekat…kemanapun anda ingin lari, duit itu makin kencang terbangnya ke arah anda.

Ya seperti itulah kalau kita fasih meyakinkan orang lain. Kemampuan anda meyakinkan tertransfer menjadi keyakinan di dalam diri klien anda. Keyakinan klien itulah yang kemudian bak tombol yang sudah dipencet, memerintahkan uang itu untuk terbang dari dirinya tertarik oleh energi anda. Anda ibarat magnet bagi uang-uang tsb. Uang yang tadinya bertuan, berkat kemampuan anda meyakinkan, kini menjadi tak bertuan, dan dalam proses selanjutnya menjadi milik anda. Sekarang andalah sang empunya uang itu.

Ingat uang adalah ide. Ide yang dapat menjadi uang adalah ide yang mampu meyakinkan orang lain sang pemilik uang, bahwa solusi andalah yang pas dan terbaik baginya. Cocok, klop, bahkan memuaskan. Ibarat mur dapat baut. Tutup dapat tumbuk.

Berikut tips sederhananya.

  1. Sejauhmana reputasi Anda TERUJI

Sangat penting market tahu persis kelebihan-kelebihan anda. Reputasi dibangun bertahun-tahun bukan sekejap saja atau instan. Didalamnya merupakan kombinasi dari knowledge, skill, attitude, pengalaman anda.

Sederhananya, dokter spesialis tentu dimata pasien lebih meyakinkan dibanding dokter umum yang belum ngambil pendidikan dan pengalaman dalam spesialisasi. Mangkanya wajar kalau duit pasien LEBIH banyak keluar, tanpa protes berarti, jika diperbandingkan membayar ke dokter umum.

2. Sejauhmana reputasi Anda DIKENAL?

Saat anda makan di bakmi GM mengapa anda rela mengeluarkan duit LEBIH dari kocek anda dibanding saat anda makan mie goreng di angkringan pinggir jalan? Karena anda yakin dengan reputasi bakmi GM karena kelezatannya, bukan? ya karena Anda sudah sangat mengenal brand bakmi GM. Coba sekarang anda bandingkan ketika makan bakmi di seputaran pasar benhil atau di lorong2 casablanca. Saya kok gak yakin, apakah kita kenal sekedar nama penjual bakmi tsb? apalagi reputasinya.

Patternnya sederhana:

Semakin REPUTASI anda TERUJI dan DIKENAL–> semakin mudah market YAKIN –> semakin uang mereka MENGEJAR anda

Sejauhmana reputasi anda dikenal market anda?

***next artikel: cara menguji reputasi diri di market

2 pemikiran pada “Tips Meyakinkan Pembeli, Bangun Reputasi Diri

  1. Kalau di sepakbola seni menjualnya memang agak beda bos. Ambil satu fakta saja : kenapa Manchester United selalu menempati urutan teratas peringkat klub terkaya di dunia ? Padahal, juara dua kali Liga Champion ini masih kalah kinclong prestasinya dibanding Real Madrid, yang sembilan kali juara Champion?

    Paralel dengan itu, Arsenal yang belum pernah juara Eropa secara bisnis lebih menguntugkan dibanding Bayern Muenchen yang sudeh empat kali juara Champion.

    Mengenai sepakbola Indonesia, misalnya fina Liga Indonesia PSMS vs Sriwijaya FC, ah itu cuma selingan aja bos. Biar hangat dikit hehehe….

    Salam kenal. Sorry komentarku tidak begitu relevan dengan artikelnya.

    Horas!

  2. membangun reputasi adalah proses mengatasi segala rintangan dan tetap pada visi…bukan hal yang mudah dan instant. kebetulan tantangan meyakinkan pembeli ada dalam proses di atas…hmmm….

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s