Metode Training “mBingungi” ala NLP


Dari beberapa kali saya ikut sebagai peserta training NLP maupun saat terlibat sebagai Management Trainer-trainer NLP, saya perhatikan ada penggunaan metode-metode “baru” training yang membuat peserta training menjadi “bingung”.

Ya, sebagian besar peserta, termasuk saya, akan mengalami proses bingung. Bahkan proses bingung ini sudah terjadi di tahap persiapan pra acara jika Anda sebagai staf training atau HRD perusahaan.

Beberapa ciri metode training with NLP yang akan membuat Anda akan bingung tersebut adalah:

  1. Anda akan sulit mendapatkan akses informasi detail rundown acara dari pengajar. Kalaupun ada sifatnya sangat global, bisa jadi hanya per sesi, bahkan benar-benar gak ada jadwalnya.
  2. Antar sesi satu dengan sesi lainnya, atau antara satu topik dengan topik lainnya, “seolah” gak nyambung, tak berkaitan, tak bersinggungan secara sistematis.
  3. Bahkan tak jarang training sudah berjalan 1-2 hari, Anda masih belum menemukan benang merah atau esensi dari training yang diberikan sang Trainer.
  4. Dan kalau Anda lebih detail lagi amati, pilihan kata, pilihan kalimat dari ucapan Trainer, benar-benar merepresentasikan hal yang tak jelas maknanya maupun maksudnya.
  5. Trainer NLP ini juga seringkali tak membuat HAND OUT materi. Alat presentasinya juga sangat minim, paling flipchart yang ditempel-tempel atau cukup 2 di depan. LCD atau Laptop jarang digunakan. Nah coba perhatikan juga, di event training NLP seperti ini yang pasti ada adalah musik-musik dari sound audio! Ini selalu ada tak pernah absen di training NLP.

Mengapa metode ‘mBingungi’ ini DIPILIH oleh para Trainer NLP? Bukankah asumsinya sebagai Trainer, mereka tentu sangat paham betul konsep LEARNING DESIGN?

Hmmm... sabar dulu ya…untuk mengetahui alasan-alasan di balik penggunaan metode training bingung ala NLP ini, sekaligus tips agar Anda tak ikut terbawa bingung jika ikut training ala NLP ini, di lain waktu saya akan bagikan kepada Anda, apa motif dan latarbelakang di balik ini semua… Semoga tulisan ini tak membuat Anda makin bingung, he he he.

Nb: (tentu sesuai pemahaman dan analisa saya lihat, dengarkan, rasakan sebagai peserta & observer training-training NLP ini).

2 pemikiran pada “Metode Training “mBingungi” ala NLP

  1. Hehehe…Mas Krisnawan,
    Kalau nggak bingung, itu cuma mengandung dua arti:

    1. Peserta Training NLP sudah sangat paham materinya…jelas nggak bakal bingung. Tujuannya ingin lebih memperdalam pemahaman nya aja.

    2. Peserta Training NLP nggak ngerti sama sekali maksud training NLP…jelas cuek aja, masa bodoh. Ikut training NLP cuma sebagai re-freshing aja kali.
    😀😀

    Nah, yang bingung itu justru peserta yang benar-benar berniat belajar NLP, dan ingin menerapkannya.

    Tapi saya bingung juga baca postingan Mas Krisnawan ini, apakah saya termasuk yang benar-benar belajar ya? Hehehehe…😀

    Salam dari Surabaya,
    Wuryanano🙂

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s