Exclusive COACHING: Training Need Analysis (TNA)


Senin dan Selasa kemarin (22-23 Nov 2010), saya diundang oleh satu perusahaan Oil and Gas International berkantor pusat di USA. Adapun tujuan diundangnya saya oleh perusahaan adalah diminta membimbing dan mendampingi satu orang karyawan di Departement Training perusahaan tsb, agar terampil dalam melakukan “TNA” atau Training Need Analysis.

Sejak sesi coaching dimulai, saya dengan Coachee (peserta Coaching) langsung terlibat intens ke dalam diskusi dan facilitative learning yang saya kembangkan. Saya mulai menggali Need sesungguhnya Coachee terkait TNA ini, tuntutan kinerja apa yang diharapkan perusahaan kepada dia dalam melakukan TNA, sekaligus saya melakukan penjelajahan kedalaman seberapa tingkat Knowledge, Skill, Attitude dalam melakukan TNA.

Hasilnya, informasi mengalir deras!. Saya dapat melihat gambaran, mendengar cerita, dan merasakan kesulitan, hambatan, serta tantangan yang dia alami selama ini dalam melakukan TNA. Dan, WoW di tengah-tengah diskusi antara kami, saya menangkap dan merasakan sangat jelas getar-getar semangat dan kerinduan kuat dia untuk mampu membuktikan bahwa dirinya layak menjadi STAR dalam bidang TNA di perusahaan dimana dia bekerja. Sebuah niatan yang merupakan modal penting ; tugas saya tinggal memperluas Knowledge dan mempertajam Skill dia dalam kompetensi TNA ini.

Setelah MAP dari Coachee yang jelas, rinci, dan lengkap sudah saya dapatkan, kemudian saya mulai mempersiapkan aksi intervensi materi yang akan saya kembangkan dengan proses memilah dan memilih materi-materi apa yang merupakan akar masalah, mana yang sebenarnya hanyalah kulitnya saja ke dalam Desain Coaching untuk mengembangkan KSA Coachee. Lagi-lagi bukankah ini WoW..? sebab tahapan dan langkah yang saya lakukan ini sebenarnya salah satu CONTOH RIIL proses dan tahapan cara melakukan TNA, khan…?

Strategi, langkah-langkah selanjutnya dari proses Coaching TNA ini, pasti menjadi kurang afdolf dan lengkap jika Anda hanya membaca advertorial ini saja. Ikutkan Karyawan Anda, atau Anda sendiri dalam Exclusive Coaching “TNA” ini.

>>> Silahkan hubungi saya di No Hp 0818.0678.2750 <<<

Bayangkan di Perusahaan Anda memiliki JAGOAN TNA, bayangkan jika Anda sebagai Trainer/Praktisi Training. Pasti nilai investasi training perusahaan Anda takkan pernah menjadi sia-sia. Pasti Training yang Anda kembangkan akan Customized, Riil menukik akar kebutuhan peserta Training Anda.

WoW…akhir tahun 2010 – awal tahun 2011 ini pas benget ya timing nya…?

 

Salam “The Coaching Way”

Krisnawan Putra

C o a c h

 

Tinggalkan Balasan

